Selamat datang di blog Apa Ajha silahkan ikuti kami jika dirasa bermanfaat blog ini Salam Apa Ajha

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Perangkat Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) TKJ 2017-2018

UKK TKJ

Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada umumnya UKK terdiri dari 2 Paket Ujian Kejuruan yaitu Ujian Praktek Kejuruan (UPK) dan Ujian Teori Kejurun yang merupakan bagian dari Ujian Nasional. UKK ini bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama belajar di satuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Berikut kutipan perangkat Ujian Praktek Kejuruan (UPK) yang bisa kita lihat di Web resmi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan psmk.kemdikbud.go.id yang disebutkan sebagai berikut :

Secara umum perangkat Ujian Kompetensi Keahlian terdiri atas :
  1. Kisi-kisi Soal/Ujian Teori kejuruan (KST). Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan merupakan konsep, prinsip-prinsip, prosedur, materi,bahan, dan lain-lain yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Teori kejuruan terbuka untuk umum.
  2. Soal Teori Kejuruan (STK) adalah berupa soalpilihan ganda dengan 5 opsi jawaban. Soal Teori Kejuruan terdiri dari model Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper-based Test) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer-based Test).
  3. Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP). Kisi-kisi soal ujian Praktik Kejuruan merupakan kompetensi utama Standar Kompetensi danKompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Praktik kejuruan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan perangkat ujian praktik kejuruan (Soal Praktik Kejuruan, LembarPedoman Penilaian, dan Instrumen Verifikasi)
  4. Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasanbagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa
  5. Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah rubrik yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria penilaian.
  6. Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal.
pada point nomer satu disebutkan bahwa Kisi-kisi Ujian Teori Kejuruan TERBUKA UNTUK UMUM. jadi sebelum hari H Ujian Praktek Kejuruan kita bisa fokus mempelajari terlebih dulu mengenai soal - soal yang akan di ujikan pada ujian kompetensi kejuruan nanti. untuk pembahasan mengenai paket paket soal ini akan saya share di postingan selanjutnya.

Ok langsung saja kalian temen temen SMK maupun guru dari SMK silahkan ambil paket soal berikut melalui Link di bawah ini. 

KURIKULUM 2013


Paket 1 Perangkat Ujian Kompetensi Kejuruan 2017-2018

Paket 2 Perangkat Ujian Kompetensi Kejuruan 2017-2018

Paket 1 Perangkat Ujian Kompetensi Kejuruan 2017-2018

Paket 2 Perangkat Ujian Kompetensi Kejuruan 2017-2018


Paket 3 Soal Ujian Kompetensi Kejuruan 2017-2018


File Tambahan Ujian Kompetensi Kejuruan 2017-2018

Ok temen temen jika ada link yang bermasalah silahkan contact admin atau kome di bawah postingan terimakasih.

Related : Perangkat Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) TKJ 2017-2018

0 Komentar untuk "Perangkat Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) TKJ 2017-2018"